HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU PERMATA HATI WAY JEPARA LAMPUNG

Nur Hasanah, Tuti Handayani, Mega Nawang Ulan

Abstract


Hakikat dasar dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah pemenuhan kebutuhan dan tuntutan dari pemakai jasa pelayanan kesehatan. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Permata Hati Way Jepara Tahun 2023. Subjek penelitian adalah pasien rawat inap RSU Permata Hati Way Jepara dengan objek penelitian mutu pelayanan dan kepuasan pasien. Jumlah sampel 77 responden yang diambil menggunakan tehnik purposive sampling. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi dan uji chi square. Hasil Penelitian menunjukkan distribusi frekuensi mutu pelayanan kesehatan (80,5%) menyatakan dengan kategori baik. Kepuasan responden (75,3%) menyatakan puas dan ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Permata Hati Way Jepara Tahun 2023 dengan p value: 0,043 dan r= 0,661. Diharapkan pihak rumah sakit sering mengevaluasi tingkat mutu pelayanan kesehatan secara rutin dan kepuasan pasien dengan menyediakan kotak saran.

Full Text:

PDF

References


Annisa, N. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Tk. IV Madiun Tahun 2017. Stikes Bhakti Huasada Mulia Madiun. Skripsi.

Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73–84.

Burhanuddin, N. (2016). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. PERENNIAL, 12(1), 41–46.

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50–63.

Gaurifa, I. S. (2014). Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Gunungsitoli Kabupaten Nias Tahun 2014. Universitas Sumatera Utara.

Gde Muninjaya, A. A. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=yz8KEAAAQBAJ

Kemkes, R. I. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.

Meningkatkan Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. (2020). Penerbit Tangga Ilmu. https://books.google.co.id/books?id=I8ELEAAAQBAJ

Negara, P. M. P. A. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Notoatmodjo, S. (2014). Metode penelitian kesehatan edisi. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, N. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Salemba Medika, Jakarta.

Nurul Hidayatun Jalilah, S. S. T. M. K., & Ruly Prapitasari, S. S. T. M.

K. (2021). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=OXMTEAAAQBAJ

Organization, W. H. (2017). Monitoring health for the SDGs. Sustainable Development Goals. Geneva: World Health Organization.

Pohan, I. S. (2019). Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan.

Purwoastuti, E., & Walyani, E. S. (2015). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta. Pustaka Baru Press.

Puspitasari, D., Marsepa, E., & Haeriyah, S. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Penerbit NEM.

Rivai, F., Lestari, S., & Shaleh, K. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI.

Siregar, S. (2017). Statistik parametrik untuk penelitian.

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543–551.

Zalius, M. F., Reflita, R., Bahar, I., Efitra, E., & Suhaimi, S. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Komunikasi dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Interne Lantai 3 RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri, 1(1), 51–62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.