PELATIHAN BAGI GURU-GURU SD N 3 MARGOYOSO DALAM MENGGUNAAN GOOGLE CLASROOM

Nurmitasari Nurmitasari, Ainur Rosidah, Naning Sutriningsih

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SD N 3 Margoyoso kabupaten Tanggamus dalam menggunakan google classroom melalui android maupun laptop. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas di SD N 3 Margoyoso yang dihadiri oleh 12 orang peserta yang tergabung dalam sivitas akademika SD N 3 Margoyoso. Tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalahan tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan yaitu melakukan analisis situasi untuk mengetahui permasalahan yang dialami sekolah mitra  dan merancang materi kegiatan pelatihan yakni terkait google classroom. Tahap pelaksanaan terdiri dari kegiatan penyampaian materi tentang google classroom dan kegiatan pelatihan praktek penggunaan google classroom. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru di SD N 3 Margoyoso mengetahui adanya aplikasi yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran daring khususnya google classroom dan dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci : Pelatihan, Google Classroom, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Cech dan Bures (2004). E-Learning implementation at University. Proceedings of 3rd European Conference on e-Learning, Paris, France.

Hapsari, S. A. dan Pamungkas, H. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. Vol. 18 No. 2.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?. J. Educ. Soc. Sci., vol. 3,

Paksi,H,P & Ariyanti, L, (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka

Sabran & Sabara, E. (2018). Keefektifan google classroom sebagai media pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual

Soni, dkk. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran DI SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.2 No.1.

Tim Penyusun. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Wardhi, R. Y. (2020). Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online Melalui Google Classroom. Jurnal Biogenerasi. Vol. 5. No. 2

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Diseminarkan pada Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa pada 17 Mei 2017.

Yuliani, M. dkk, (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori & Terapan. Yayasan Kita Menulis




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v5i1.1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.