IMPLEMENTASI PERMAINAN BALL RELAY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Yesi Budiarti, Nihayati ., Norma Yunaini

Abstract


Bermain merupakan kegiatan yang disenangi anak-anak, terlebih anak-anak pada jenjang sekolah dasar, karena bermain merupakan hal yang masih menyenangkan bagi mereka. Dalam suatu permainan, selain dapat bermain dan merasa senang, bermain juga sangat berpengaruh dalam proses perkembangan anak, seperti perkembangan sosio emosional, bahasa, perkembangan fisik, dan perkembangan kognitif. Dalam hal ini, permainan Ball Relay yang diterapkan pada materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dalam mata pelajaran lmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat membantu siswa untuk mempelajari dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, karena pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam media permainan Ball Relay dapat merangsang kembali pengetahuan peserta didik mengenai materi-materi yag telah diajarkan oleh guru. Penyampaian materi pembelajaran menggunkan media permainan juga dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan partisipatif sehingga mengurangi resiko peserta didik pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS melalui media permainan

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, H., & Fajaruddin, S. (2019). Tinjauan atas artikel penelitian dan pengembangan pendidikan di Jurnal Keolahragaan. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 83–93. https://doi.org/10.21831/JK.V7I1.26394

Arifah, R. E. N., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 617–624. https://doi.org/10.25126/JTIIK.2019661310

Awalludin Nugraha, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Muhammadiyah Kudus, U. (2021). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/JRPD.V7N1.P31-37

Dzulfikri Hidayat. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH DANARAJA. Volume 1 Number 03, November, 2022 p- ISSN 2963-3648- e-ISSN 2964-8653. https://edunity.publikasikupublisher.com/index.php/Edunity/article/view/18/57

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN. (n.d.).

Obsesi, J., Jurnal, :, Anak, P., Dini, U., & Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I2.19

Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.17509/IJPE.V1I1.7494

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). URGENSI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/ALT.V3I2.605

Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/INFORM.V1I1.220




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.