PELATIHAN PENULISAN TEKS RESENSI DI SMK MUHAMMADIYAH AMBARAWA

Ainur Rosidah, Rr. Dwi Astuti, Umi Kholidah

Abstract


menulis sebagai keterampilan produktif yang perlu keahlian khusus dibanding membaca dan menyimak. Keterampilan menulis dapat disebut sebagai keterampilan yang paling sulit bagi pelajar karena sebelum menulis harus dapat menentukan ide-ide kraetif yang akan dituangkan dalam tulisan tersebut.Menulis teks resensi berhubungan erat dengan penilaian karya, baik itu novel, cerpen, lagu, film, maupun buku lainnya. Penilaian karya dalam resensi baik dari segi isi maupun unsur kebahasaan. Dalam resensi terdapat keunggulan dan kelemahan karya tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ambarawa yang dihadiri oleh 31 peserta didik kelas XI TKJ-2. Teks resensi erat hubungannya dengan penilaian karya, film, buku, drama, lagu baik dari segi isi maupun unsur kebahasaan. Tujuan dalam pengabdian ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta didik dalam menulis teks resensi yang sesuai dengan sistematikanya dan kaidah kebahasaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode pendekatan praktek terbimbing berdasarkan kajian ilmiah bidang bahasa. Setelah melakukan pelatihan ini, maka peserta didik mampu menulis teks resensi dalam menilai karya sastra.

Full Text:

PDF

References


Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.293 00/disastra.v1i1.1904

Delvana, Muhammad Aria dan Diena San auziya. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Resensi Novel dengan Metode Demonstrasi pada Siswa SMA Kelas XI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 923-934.

Ibda, Hamidulloh. (2019). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ibda, Hamidulloh. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis REsensi Buku Ilmiah pada Mhasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (Tuter Tensi). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2il.1998

Supriyanti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Universitas Mataram. Retrieved from http://eprints.unram.ac.id/3033/1/SUD SUPRIYANTI_E1C013047.pdf.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i1.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.