LOKAKARYA PRAKTIK INTEGRASI KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DALAM RENCANA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

Siti Rahayu, Siti Khoiriyah, Rahman Cahyadi

Abstract


Salah satu program Kemendikbud Ristek yang sedang digaungkan sebagai sarana utama dalam implementasi kurikulum merdeka yakni program guru penggerak. Program guru penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembalajaran. Pada pendidikan guru penggerak, calon guru penggerak akan memperoleh berbagai ilmu pengetahuan tentang kepemimpinan dan pembelajaran salah satunya adalah kompetensi sosial emosional melalui kegiatan daring mapun luring. Salah satu kegiatan luring pada program ini adalah lokakarya.  Tujuan lokakarya ini adalah calon guru penggerak angkatan 7 dapat mendemonstrasikan pemahamannya tentang integrasi kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran. Metode pada kegiatan lokakarya ini adalah serangkaian acara yang terdiri dari kegiatan persiapan, kegiatan pelaksanaan dan kegiatan penutup. Capaian dari kegiatan lokakarya ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan dapat mendemonstrasikan pemahamannya tentang integrasi kompetensi sosial emosional kedalam rencana pembelajaran. produk yang dihasilkan pada kegiatan lokakarya ini adalah RPP dengan integrasi kompetensi sosial emosional.

Full Text:

Untitled

References


Ritonga, R., dkk. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol 6. No.1

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan : Implementasi dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol 7. No 4

Yuliandri, B.S., & Wijaya, H.E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during The COVID-19 Academic. Proceding of Inter-Islamic University, Vol 1 No. 1




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.