PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR

Tika Dwi Nopriyanti, Allen Marga Retta

Abstract


Abstrak

Kemampuan koneksi matematis (KKM) adalah hal yang sangat penting  dalam mengaplikasikan matematika dikehidupan sehari-hari maupun dengan ilmu lain. Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan KKM mahasiswa dengan strategi pembelajaran berbasis reciprocal teaching (RT). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen subyek penelitian ini 43 mahasiswa Pendidikan Matematika semester II yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diakhir penelitian diperoleh n-gain untuk kelas yang strategi pembelajaran berbasis RT sebesar 0,43 sedangkan kelas konvesional diperoleh n-gain sebesar 0,32 hal ini menunjukkan bahwa dengan strategi pembelajaran berbasis RT dapat meningkatkan KKM mahasiswa.

Kata Kunci: kemampuan koneksi, reciprocal teaching


Full Text:

PDF

References


Faqih, Abdul. (2012). Pengembangan Model Tutorial Statistik Dengan Metode (APOS) Aksi, Proses, Obyek dan Skema Di UPBJJ-UT Surabaya. Jurnal Gamatika Vol. III No.1 Nopember 2012. Surabaya: Universitas Terbuka UPBJJ.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Research Methodology.

Leibman, Zipora. (2010). Integrating Real-Life Data Analysis in Teaching Descriptive Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Education. 18, (1). [Online]. Tersedia pada: www.amstat.org/publications/jse/v18n1/libman.pdf. [7 Maret 2015].

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematic.Reston, VA: NCTM.

______. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Palinscar, A. & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching in Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities Cognition and Instruction. [online] Tersedia di: http://teams.lacoe.edu/documentation/classroom/patti/2-3/teacher/ resources/reciprocal.html [3 April 2016]

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Shi,Ning-zhong. 2009. Understanding Statistic and Statistiscs Education:A Chinese Perspektive. Journal of Statistic education. 17 (3), (1-8). [Online]. Tersedia pada: www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf. [7 Maret 2015].




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat