PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR
Abstract
Abstrak
Kemampuan koneksi matematis (KKM) adalah hal yang sangat penting dalam mengaplikasikan matematika dikehidupan sehari-hari maupun dengan ilmu lain. Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan KKM mahasiswa dengan strategi pembelajaran berbasis reciprocal teaching (RT). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen subyek penelitian ini 43 mahasiswa Pendidikan Matematika semester II yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diakhir penelitian diperoleh n-gain untuk kelas yang strategi pembelajaran berbasis RT sebesar 0,43 sedangkan kelas konvesional diperoleh n-gain sebesar 0,32 hal ini menunjukkan bahwa dengan strategi pembelajaran berbasis RT dapat meningkatkan KKM mahasiswa.
Kata Kunci: kemampuan koneksi, reciprocal teaching
Full Text:
PDFReferences
Faqih, Abdul. (2012). Pengembangan Model Tutorial Statistik Dengan Metode (APOS) Aksi, Proses, Obyek dan Skema Di UPBJJ-UT Surabaya. Jurnal Gamatika Vol. III No.1 Nopember 2012. Surabaya: Universitas Terbuka UPBJJ.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Research Methodology.
Leibman, Zipora. (2010). Integrating Real-Life Data Analysis in Teaching Descriptive Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Education. 18, (1). [Online]. Tersedia pada: www.amstat.org/publications/jse/v18n1/libman.pdf. [7 Maret 2015].
NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematic.Reston, VA: NCTM.
______. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Palinscar, A. & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching in Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activities Cognition and Instruction. [online] Tersedia di: http://teams.lacoe.edu/documentation/classroom/patti/2-3/teacher/ resources/reciprocal.html [3 April 2016]
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Shi,Ning-zhong. 2009. Understanding Statistic and Statistiscs Education:A Chinese Perspektive. Journal of Statistic education. 17 (3), (1-8). [Online]. Tersedia pada: www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf. [7 Maret 2015].
DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.