PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Sri Jayanta, Somakim Somakim, Nila Kesumawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan perlakuan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Palembang. Dengan teknik cluster sampling diperoleh kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.8 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t (independent sampel t-test), dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan koneksi matematis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) terhadap kemampuan koneksi matematissiswa SMP Negeri 5 Palembang.

Kata kunci: STAD, Kemampuan, Koneksi, Matematis


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Herdiyanti, Zuma, dkk. 2016. PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Dan Konseptual

Hidayah, Umi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Tanjung Pura.Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma

Kesumawati, Nila dan Ichwan Aridanu. 2017. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri.

Kuncara, Adi Wahyu, dkk.2014. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika

Linto, Rendya Logina, dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pemikiran.Jurnal Pendidikan Matematika

Musriliani, Cut, dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gender.Jurnal Didaktik Matematika

Nugraha, Agil Arif. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.Jurnal Suska Journal of Mathematics Education

Rawa, Natalia Rosalina, dkk.2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning CYCLE-7E Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis SiswaJurnal Pendidkan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan

Rusman.2016. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suprapto.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education

Surya, Edy dan Riska Rahayu.2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP AR – RAHMAN PERCUT Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD).Jurnal Pendidikan PARADIKMA

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencara.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat