LEARNING OBSTACLE MAHASISWA PADA FUNGSI PEMBANGKIT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Nurmitasari Nurmitasari, Robia Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui learning obstacles mahasiswa yang akan dideskripsikan berdasarkan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi pembangkit ditinjau dari kemampuan awal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini ada 3 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi metode yaitu metode tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode perbandingan tetap mencakup: reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, diakhiri dengan hipotesis kerja. Hasil dari penelitian ini adalah Learning Obstacle mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi dan sedang pada fungsi pembangkit terletak pada kesalahan konsep dan operasi;  Learning Obstacle mahasiswa dengan kemampuan awal rendah pada fungsi pembangkit terletak pada kesalahan operasi; kesalahan prinsip, kesalahan konsep.

Kata kunci : learning obstacle, fungsi pembangkit, kemampuan awal


Full Text:

PDF

References


G. Brousseau. 1997. Theory of Didactical in Mathematic. Drodrecht : Kluwer Academic Pulisher

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmitasari. 2016. Pembelajaran Team Assisted Individualization pada Lingkaran ditinjau dari Jenis Kelamin dan Kemampuan Awal. Jurnal Eksponen STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Vol. 6.No. 3.

Robia Astuti. 2017. Analisis Learning Obstacle Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Kombina-torial. Jurnal e-dumath STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Vol. 3. No.1

Sukirman. 2001. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Suparman, Atwi. 2001. Desain Intraksional. Jakarta : Depdikbud




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat