INTEGRASI LOGIKA MATEMATIKA DALAM AYAT-AYAT AL-QUR’AN DENGAN NILAI-NILAI AKHLAK

Nihayati, Nihayati, Suminto Suminto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan logika matematika teriintegrasi dengan nilai-nilai akhlak. Nilai akhlak dalam penelitian ini menitikberatkan pada akhlak kepada Allah dan akhlak pribadi. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa manusia pada dasarnya memiliki fungsi utama penciptaan yaitu sebagai hamba (akhlak kepada Allah) dan sebagai khalifah (akhlak terhadap pribadi). Ketika kedua akhlak tersebut terimpelentasikan dalam kehidupan maka diharapkan dunia pendidikan akan mampu melahirkan generasi yang diharapkan oleh Undang-undang. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terdapat ayat-ayat dalam juz 30 bermuatan logika matematika seperti negasi, konjungsi, disjungsi dan implikasi yang berkaitan dengan nilai-nilai akhlak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai akhlak yang terintegrasi dalam logika matematika pada ayat-ayat dalam juz 30 adalah taqwa, khauf, syukur,  muroqobah, shidiq, amanah, istiqomah, ‘iffah, mujahadah, tawadlu’, dan sabar. Hasil penelitian ini bisa diimplementasikan dalam pembelajaran matematika yang terintegrasi sebagai salah satu upaya penanaman akhlak/karakter pada siswa.

Kata Kunci: Integrasi, Logika Matematika, Nilai Akhlak

 


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro

Depdiknas, 2006, Undang Undang No 3 2003, Sistem Pendidikan Nasional

Kulsum, U., Husaini, A., & Saefuddin, D. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Tematik pada Sekolah Dasar Sekolah Alam Bogor. Ta’dibuna, 5(2), 184–203. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/590/467

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/590/467

Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Rinaldi Munir. 2009. Matematika Diskrit.. Bandung: Informatika

Salafudin. (2015). Pembelajaran Matematika yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243. Retrieved from http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/download/651/944/

Yunahar Ilyas. 2009. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta. Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat