INTEGRASI LOGIKA MATEMATIKA DALAM AYAT-AYAT AL-QUR’AN DENGAN NILAI-NILAI AKHLAK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan logika matematika teriintegrasi dengan nilai-nilai akhlak. Nilai akhlak dalam penelitian ini menitikberatkan pada akhlak kepada Allah dan akhlak pribadi. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa manusia pada dasarnya memiliki fungsi utama penciptaan yaitu sebagai hamba (akhlak kepada Allah) dan sebagai khalifah (akhlak terhadap pribadi). Ketika kedua akhlak tersebut terimpelentasikan dalam kehidupan maka diharapkan dunia pendidikan akan mampu melahirkan generasi yang diharapkan oleh Undang-undang. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terdapat ayat-ayat dalam juz 30 bermuatan logika matematika seperti negasi, konjungsi, disjungsi dan implikasi yang berkaitan dengan nilai-nilai akhlak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai akhlak yang terintegrasi dalam logika matematika pada ayat-ayat dalam juz 30 adalah taqwa, khauf, syukur, muroqobah, shidiq, amanah, istiqomah, ‘iffah, mujahadah, tawadlu’, dan sabar. Hasil penelitian ini bisa diimplementasikan dalam pembelajaran matematika yang terintegrasi sebagai salah satu upaya penanaman akhlak/karakter pada siswa.
Kata Kunci: Integrasi, Logika Matematika, Nilai Akhlak
Â
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro
Depdiknas, 2006, Undang Undang No 3 2003, Sistem Pendidikan Nasional
Kulsum, U., Husaini, A., & Saefuddin, D. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Tematik pada Sekolah Dasar Sekolah Alam Bogor. Ta’dibuna, 5(2), 184–203. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/590/467
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/590/467
Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Rinaldi Munir. 2009. Matematika Diskrit.. Bandung: Informatika
Salafudin. (2015). Pembelajaran Matematika yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243. Retrieved from http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/download/651/944/
Yunahar Ilyas. 2009. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.