Video Tutorial Pada Materi Bangun Ruang

Ana Istiani, Jean Amorie, Anggun Irena Catrin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran power point. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap di MTs Raden Intan Wonodadi tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan syarat data telah diuji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran video tutorial berpengaruh positif terhadap hasil belajar terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar mencapai 70,93%. Hal ini ditunjukan dari hasil uji-t dua pihak yaitu yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran power point. Uji-t satu pihak menunjukan bahwa yang berarti rata-rata hasil belajar matematika peeserta didik yang menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media pembelajaran power point.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i1.1639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat