Level TPACK Guru Matematika Melalui Model SAMR Dan Komunitas Belajar Berbasis Lesson Study

Risnanosanti Risnanosanti, Winda Ramadianti, Mardiah Syofiana, Diah Meily Raniwati

Abstract


Tantangan pendidikan abad ke-21 di era teknologi adalah mengembangkan media yang efektif untuk melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (i) memanfaatkan komunitas belajar (learning community) yang dipadukan dengan lesson study untuk mengembangkan pola pembelajaran matematika terpadu yang memanfaatkan teknologi berbasis Model TPACK serta menentukan tingkat kemampuan mengintegrasikan teknologi guru dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini diikuti oleh lima orang guru SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang terlibat dalam kegiatan program kemitraan dengan LPTK yang telah melakukan kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran 2021. Analisis data dilakukan dengan menggunakan level model substitution (S) , augmentation (A), modification (M) dan redefinition (R) atau model SAMR. Analisis digunakan untuk melihat tingkat integrasi teknologi yang dilakukan guru bersama komunitas belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang dilakukan berdasarkan konsep TPACK dengan integrasi teknologi berada pada level empat model SAMR.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat