HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT-PENDEKATAN CTL DAN TPS-PENDEKATAN CTL

Siti Rahayu, Rahman Cahyadi

Abstract


ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran NHT  pendekatan CTL dan rerata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, (2) rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran NHT  pendekatan CTL lebih baik dari pada rerata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran  TPS dengan pendekatan CTL. Seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 merupakan populasi dalam penelitian dengan teknik pengambilan sampel yakni dengan cluster random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan anava satu jalan dengan sel yang sama. Dari analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran NHT pendekatan CTL dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPSpendekatan CTL dan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai melalui model pembelajaran  NHT  pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL.


Key Word : NHT, TPS, CTL


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ajaja, O.P. and Eravwoke. O.U. (2010). Effects Of Cooperative Learning Strategy On Junior Secondary School Students Achievement In Integrated Science. Electronic Journal of Science Education. Vol. 14, No. 1

Artut, P.D. (2009). Experimental Evaluation Of The Effects Of Cooperative Learning On Kindergarten Children’s Mathematics Ability. International Journal of Educational Research, No 48, pp 370–380.

Karunia, M Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama.

Kokom Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Lingga Nico Pradana dkk. (2014). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa SMP Negeri sekota Madiunâ€. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol 2, No10

Maneerat Pinwanna. (2015). Using the Contextual Teaching and Learning Method in Mathematics to Enhance Learning Efficiency on Basic Statistics for High School Student. The International Conference On Language, Education, Humanities and Innovation.

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The Effects of Type Learning Model Numbered Head Together And Think Pair Share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.27

Rahmat Winata dkk. (2014). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TPS dengan pada Materi Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel ditinjau dari kecerdasan emosional siswaâ€. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol 2, No 5.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Gorup.

Yatim Rianto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v5i2.908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat