BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN: UPAYA UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Anisa Nur Fitri, Edy Irawan, Ainur Rosidah

Abstract


Kecemasan sosial adalah perasaan dan pengalaman kognitif yang muncul karena adanya persepsi bahwa seorang individu dievaluasi negatif oleh orang lain. Perilaku kecemasan sosial yang tinggi salah satunya ditandai adanya perilaku siswa yang kurang nyaman saat menjadi pusat perhatian orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok berbasis permainan untuk mereduksi kecemasan sosial siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 52 siswa dan sampel berjumlah 8 siswa dengan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok yang menerima bimbingan kelompok berbasis permainan mengalami penurunan yang signifikan. Bimbingan kelompok berbasis permainan ini dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih berbagai keterampilan sosial dalam konteks yang menyenangkan dan mendukung permainan yang dirancang khusus dapat membantu mengurangi ketegangan sosial dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v10i1.2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats