PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP AKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIREJO 2014/2015

Edi Rahman

Abstract


Abstrak
Penelitian didasarkan pada rendahnya aktivitas komunikasi antar pribadi. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis hal-hal berikut:Tingkat komunikasi antar
pribadi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kalirejo 2014/2015.Mengetahui seberapa
besarpengaruh bermain peran terhadap komunikasi antar pribadi siswa pada kelasX SMA
Muhammadiyah Kalirejo 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuatitatif. Adapun rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti
adalah Pre-Eksperimental Design. Dalam penelitian ini, pengukuran dilakukan sebanyak 2
kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Jumlah item 30 pertanyaan dengan 4 alternatif
jawaban. Peneliti menggunakan subjek yang diambil dari kelas XSMA Muhammadiyah
Kalirejo 2014/2015 terdiri dari 255 siswa. Selanjutnya peneliti memilih mengambil 14% dari
populasi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak
279
×14=35 siswa dengan
100
menggunakan teknik sampling yaitu berupa Random Sampling (area sampling). Dalam
metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptifdengan menggunakan rumus
persentase dan kuantitatif dengan menggunakananalisis uji t-test. Hasil penelitian
menunjukan Ada Pengaruh Bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role
playing terhadap aktivitas komunikasi antar teman sebaya di SMA Muhammadiyah
Kalirejo 2014/2015. Hal tersebut ditunjukan dengan t (hit)
=
7,144 > t 1% =
(tab)
3,347. Hal tersebut dilihat dari angket yang diberikan beserta observasi pada guru
dan siswa kelas XSMA Muhammadiyah Kalirejo 2014/2015.
Kata kunci: Metode Bermain Peran, Komunikasi Antar Pribadi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.