KONSEP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Seorang guru berkewajiban menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Salah satu penekanan dalam kurikulum 2013 adalah evaluasi autentik. Evaluasi autentik adalah kegiatan menilai siswa yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai, baik proses maupun hasil dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada di Standar Kompetensi (SK) atau Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Penilaian hasil belajar siswa sesuai kurikulum 2013 ditekankan pada tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika
Arifin, Z. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asrul, dkk,. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media
Astuti, & Esti Ariani. Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari Press, 2009.
Hasan, Hamid S. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Dinas Pendidikan Tinggi Nasional, 1996
Jihad, A & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Permendikbud No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Penilaian
Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013
Fajrin, Hardiani. evaluasi, penilaian, pengukuran dan tes. https://www.academia.edu/36410215/Perbedaan_Pengukuran_penilaian_dan_evaluasi. September 2017
Ikatan Guru Kimia Indonesia. Jenis-jenis Penilaian Autenthik Materi Sosialisasi Kurikulum 2013, Kemendikbud. https://kimiakita99blog.wordpress.com/pendidikan/jenis-jenis-penilaian-autentik/. September 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.