Penggunaan Buku Ajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kewarganegaraan Siswa SD Kelas Rendah
Abstract
Penelitian beranjak dari satu masalah salah satu cara pengembangan Literasi Kewarganegaraan adalah melalui penggunaan Buku Ajar, namun tidak selama langkah tersebut sukses terutama di kelas rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan literasi yang dimiliki siswa sekolah dasar dan menggambarkan dampak penggunaan buku ajar terhadap literasi. Pengkajian dilakukan secara kualitatif melalui metode tradisi fenomenologis, dan dianalisis melalui teknik analisis domain. Hasil dari pengkajian antara lain, 1) buku ajar telah memberikan internalisasi nilai fundamental instrumental secara integrated curricular; 2) buku ajar telah memberikan dampak karena dipergunakan sebagai sumber internalisasi literasi kewarganegaraan.
Kata Kunci : buku ajar, literasi kewarganegaraan, sekolah dasar
Kata Kunci : buku ajar, literasi kewarganegaraan, sekolah dasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v2i2.1772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â