Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Ruang Kubus Geometri Siswa Tunagrahita
Abstract
Lemahnya kemampuan berfikir siswa Tunagrahita mengakibatkan kesulitan dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teori Van Hiele terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun ruang kubus geometri pada siswa Tunagrahita. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen “Pre-experimental design†(The one-Group Pretes-PosttesDesign).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita SDLB Negeri Pringsewu Lampung.Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa soal tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas yaitu uji liliefors, serta uji hipotesis menggunakan uji related sample berpasangan dengan rumus t-test. Hasil yang akan diperoleh pada penelitian ini diharapkan menunjukkan bahwa teori Van Hiele berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun ruang kubus pada siswa tunagrahita SLB Negeri Pringsewu Lampung.
Kata Kunci: Geometri, Teori Van Hiele
Kata Kunci: Geometri, Teori Van Hiele
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v2i2.1774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â