Analisis Pedagogik Guru SD di Lampung

Evi Nurlaila

Abstract


Sebagai tenaga pendidikan, guru dituntut memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar mutu. Standar mutu menjadi salah satu acuan dalam meningkatkan kompetensi guru. Guru yang memiliki kompetensi di atas rata-rata atau lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan nilai minimal 80 tak lebih dari 30 persen. Uji Kompetensi Guru (UKG) mencakup konpetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi professional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru SD di provinsi Lampung. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara pada guru SD sebanyak 13 orang yang tersebar dalam 7 kabupaten/kota di provinsi Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa perlu adanya upaya meningkatkan kompetensi guru hal tersebut dikarenakan masih banyak yang belum tersentuh oleh pelatihan secara berkala. peningkatan SDM dengan fokus membenahi kompetensi dan kesejahteraan guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v2i2.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.