Kompetensi Guru Kelas dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling

Evi Nurlaila, Santi Hendayani, Deny Apriani Juhri

Abstract


Peserta didik di sekolah dasar memiliki berbagai permasalahan akademik maupun non akademik. Tentu saja keduanya akan menghambat proses belajar peserta didik sehingga guru kelas harus responsif dengan cara membekali kompetensi diri dalam bidang bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi guru kelas dalam mengatasi permasalahan peserta didik melalui bimbingan konseling. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menyebutkan bahwa guru kelas memiliki kompetensi dalam melaksanakan bimbingan konseling, memahami bentuk-bentuk bimbingan konseling, mampu menghadapi kendala dalam pelaksanaan bimbingan konseling, dan memberikan alternatif solusi dalam pelaksanaan bimbingan konseling.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v3i2.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Â