HUBUNGAN PENGETAHUAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN PERILAKU CUCI TANGAN DI ERA PANDEMI COVID-19

Desi Kurniawati, Idayati ., Adi Kuswanto

Abstract


Perilaku cuci tangan merupakan strategi yang dilakukan demi menjaga diri dari paparan berbagai agen pencetus penyakit. Perubahan perilaku pada anak usia sekolah juga diperlukan, supaya anak sadar akan pentingnya cuci tangan yang baik sebagai cara pencegahan paparan covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara pengetahuan hidup bersih dan sehat dengan perilaku cuci tangan era pandemi di SDN 3 Sukaraja. Metode penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas IV dan V di SDN 3 Sukaraja, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 48 siswa, uji statistic yg digunakan yaitu teknik rank spearman. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan hidup bersih dan sehat dengan perilaku cuci tangan era pandemi di SDN 3 Sukaraja dengan p-value 0,01 (< 0,05). Siswa diharapkan bisa menerapkan cuci tangan dengan baik untuk mengurangi resiko terpapar covid-19 yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Keywords


PHBS, cucitangan, covid-19, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Almarinda. (2020). Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Hand Hygiene Terhadap Penyebaran Covid-19 di SDN 018 Harapan Tani Kabupaten Indragiri Hilir Taun 2020

Bowo, I., … A. S.-P. S., & 2021, undefined. (2021). Sosialisasi Uji Etik Penelitian Kesehatan Mahasiswa Berbasis IT di Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Jurnal.Darmajaya.Ac.Id, 13–17. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2924

Haryani, S., Pujiastuti, A. P., & Minardo, J. (2021). Pengetahuan dan Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa SMK Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Cendekia Utama, Vol. 10.

Prabowo, A. (2016). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Frekuensi Sakit Anggota Keluarga. PROFESI, Volume 13.

Rosyidah, A. N. (2019). Perilaku Cuci Tangan Terdahdap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02. Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi, Vol. 3.

Sahputri, J., & Sofia, R. (2020). Penyuluhan Protokol Kesehatan Era Pandemi Coronavirus Desease (Covid-19) Di Sdn 14 Muara Dua Kota Lhoksemumawe. Lentera, Volume 4.

Salsabila, A. F., Kartini, A. P., Anyelir, D. F., Arif, M., & Firdaus, M. (2020). Implementasi Program Mencuci Tangan Dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. Universitas Negeri Semarang.

Sihite,N., Podojoyo & Yusuf. (2021). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Bagi Lansia di Panti Sosial Tresna Wreda Teratai. Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks

Vol.9 No.2 Agustus 2021

Zulaikha, C & Rochmayani, D.,S. (2020). Hubungan Pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Perilaku Hidup Sehat Siswa PMR DI SDN KRAPYAK. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

WHO. (2021). WeeklyOperational Update on Covid-19: World Health Organitation




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v11i1.1618

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats