ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self-efficacy siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah bilangan bulat pada operasi perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa  yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran yang terdiri dari 5 butir soal dan angket self-efficacy yang berisi 37 pernyataan positif ditinjau dari dimensi magnitude, strength, dan generality. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan tinggi memiliki self-efficacy sedang, sementara siswa dengan kemampuan sedang memiliki self-efficacy tinggi, dan siswa dengan kemampuan rendah memiliki self-efficacy rendah.
Kata kunci: penalaran matematis, bilangan bulat, perkalian,efikasi diri
Full Text:
PDFReferences
Clapham, C. & James Nicholson. 2009. The Concise Oxford Dictionary of Mathematics. Oxford: Oxford Unversity Press
Ismunamto, A et al. 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: PT. Lentera Abadi.
Gerson. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya : Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur (YP3IT).
Hadiat, Hanifah Latifah, dkk. 2015. The Relation between Curiosity, Self-efficacy and Student’ Mathematical Reasoning Ability. Prosiding FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Hana, Fitri Tri, dkk. 2018. Reasoning Behaviors of Mathemathics Difficulties Students in Solving Multiplication Integers. AISR Vol. 157.
NCTM. 2000. Principles and standards for school Mathematics. Reston,VA:NCTM
Nurhayati, Susiana, dkk. 2013. Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan. MATHEdunesa Vol. 2, No.1.
P, J. Chaplin. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).
Rustika, I Made. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi Vol. 20 No. 1-2.
Shadiq, Fajar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sunaryo, Yoni. 2017. Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis . Teorema Vol. 1, No. 2.
Susanti, E. 2013. Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Rumah Adat untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Sriwijaya (Vol. 10).
Suriasumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suriasumantri, Jujun S. 2006. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
.2015. TIMSS Infograhic. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan
DOI: https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.