Model Pembelajaran Bamboo Dancing dengan Pendekatan CTL
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Islamiyah Sukoharjo. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Analisis data menggunakan uji-t dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dengan pendekatan CTL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diperoleh melalui model pembelajaran bamboo dancing tanpa menggunakan pendekatan CTL.
Â
Kata kunci :bangun ruang sisi datar,bamboo dancing, CTL
Full Text:
PDFReferences
Karunia, M Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama.
Kurniati dkk. (2015). “Matematical Critical Thinking Ability Through Contextual Teaching and Learning Aproachâ€. IndoMS-JME, volume 6. no 1.
Sumarna Surapranata. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Gorup
DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.