Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik

Yunni Arnidha, Fatahillah Fatahillah

Abstract


Abstrak

Memiliki Sikap yang berorientasikan Pemikiran Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif pada peserta didik di tingkat Sekolah Dasar sangat penting untuk diwujudkan melalui berbagai program pembelajaran, salah satunya melalui Pembelajaran Matematika sebagai bidang keilmuan yang mencoba membentuk pola pikir, di mana karakter tersebut sangat berguna sebagai life skill peserta didik di era 4.0. ini. Makalah ini akan mencoba memberi dasar argumentative teoritis dan empiris mengenai bagaimana membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran Matematika di sekolah dasar melalui Pendekatan Saintifik. Adapun Metode Kajian yang akan dipergunakan adalah bersifat kualititatif dalam tradisi Fenomenologi dan Studi eksploratif tekstual, di mana kesimpulan yang didapat ialah, 1) Pembentukan Karakter dilakukan tidak hanya melalui internalisasi Pengetahuan belaka, akan tetapi diupayakan menciptakan pengalaman belajar; 2) Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif mampu menyikapi Persoalan Matematis, Langkah Pemecahan dan Solusi sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

Kata Kunci : Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif, Pendekatan Saintifik,  dan Pembelajaran Matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).

As’ari, A. R. (2015). Mewujudkan Pendekatan Saintifik dalam Kelas Matematika. In Makalah dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Jember.

Asmani, J. M. M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Diva Press.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70.

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi pendidikan nilai karakter di Sekolah Dasar melalui budaya sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247-255.

Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan scientific (ilmiah) dalam pembelajaran. Jakarta: pusbangprodik.

Kosim, M. (2012). Urgensi pendidikan karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 19(1), 84-92.

Kunandar, (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Mahmudi, A. (2008). Tinjauan kreativitas dalam pembelajaran matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 37-49.

Mahmudi, A. (2015). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5.

Murni, A. Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1-14.

Pane, L. Y., Kamid, K., & Asrial, A. (2013). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2).

Saadulloh, Uyoh. (2004). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.

Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44-50.

Syaodih, E. (1995). Psikologi Perkembangan Anak. Tersedia http://file. upi. edu/psikologi_perkembangan_anak. html [14 Februari 2015]

Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial Suatu Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta:Bumi Aksara.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, (1)..

Tim Penyusun, (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaam Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat