Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar

Devi Etanastia, Hesti Noviyana, Joko Sutrisno AB

Abstract


Pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan modul elektronik berbasis pendekatan Kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VIII, (2) efektivitas modul elektronik berbasis pendekatan Kontekstual pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi produk dilakukan mulai dari materi, media, dan bahasa. Selanjutnya modul elektronik dilihat tingkat kepraktisan dalam uji coba produk. Hasil validasi materi pada aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan penilaian kontekstual diperoleh nilai 3,68 dengan kriteria valid. Validasi media baik pada aspek ukuran modul, desain sampul modul (cover) maupun desain isi modul memperoleh nilai 4 dengan kriteria valid. Validasi bahasa pada aspek lugas, komunikatif, dialogis dan interaktif, kesesuaian dengan perkembangan peserta didik, kesesuaian dengan kaidah bahasa (PUEBI) memperoleh nilai sebesar 3,65 dengan kriteria valid. Setelah menggunakan modul elektronik yang telah dikembangkan persentase ketuntasan dari test hasil belajar mencapai 78%, yang berada pada kategori “baik”. Dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis pendekatan Kontekstual layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i1.1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat