Mengenal Geometri Bangun Datar Melalui Metode Demonstrasi Permainan Tradisional Engklek

Yunni Arnidha, Afri Mardicko, Indah Kurniasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa yang belum maksimal dalam mengenal bangun datar pada pembelajaran matematika kelas II di SD Negeri 1 Mataram Kec. Gadingrejo Kab. Pringsewu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kemampuan mengenal geometris bangun datar melalui metode demonstrasi permainan tradisional engklek dalam pembelajaran matematika. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design berupa Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 1 Mataram yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 43 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes deskripsi. Analisis data menggunakan teknik perbandingan. Mengacu pada dasar pengambilan keputusan untuk pengujian hipotesis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,435 t-tabel 2,074, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan: Terbukti bahwa “Ada kemampuan mengenal bangun datar geometris melalui metode demonstrasi permainan tradisional engklek.
Kata kunci: Geometri, Metode Demonstrasi, Permainan Tradisional Engklek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat