Gema Bilbul: Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Virtual

Binti Anisaul Khasanah, Yevi Nur Khofifah, Dika Artha Putri, Mei Sepri Yani

Abstract


Dampak pandemi yang diiringi dengan perkembangan teknologi menuntut diterapkannya pembelajaran secara virtual. Namun hal ini harus dibarengi dengan munculnya inovasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berupa Game Edukasi Matematika Bilangan Bulat (Gema Bilbul) sebagai inovasi pembelajaran di era virtual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi langkah-langkah Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga validator yang terdiri dari 2 ahli dalam bidang pendidikan matematika dan 1 ahli dalam bidang teknologi informasi diperoleh bahwa media pembelajaran Gema Bilbul dinyatakan valid. Uji coba Gema Bilbul dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu dan diperoleh hasil angket respon siswa sebesar 75,5% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Gema Bilbul layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di era virtual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i1.1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat