Analisis Penalaran Geometri Pada Siswa SD

Syamsulrizal Syamsulrizal, Dwi Juniati

Abstract


Panalaran geometri merupakan kampuan yang penting bagi peserta didik dalam menunjang kampuan berpikir tingkat tingi sebagaimana yang diamanahkan dalam Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kamampuan penalaran geometri pada siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskripsi dengan subjek sebanyak 6 peserta didik. Teknik dan istrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dangan menggunakn soal esain dan wawancara tidak terstruktu dengan menggunakan recording. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian secara umum belum menunjukan hasil pencapaian indikator penalaran geometri secara menyeluruh namun lebih menakankan pada mengajukan dugaan, menelaah penyajian yang berhubungan dengan bidang, pola, pengukuran, dan pemetaan serta membuat urutan penalaran, namun lemah pada indikator memiliki pemikiran / jalan keluar di luar konteks pembicaraan, membuat hubungan antara unsur pengetahuan yang berbeda dan berkaitan, Memeriksa pekerjaan dengan konsep matematik, dan menghasilkan rumus / pola secara umum dari langkah sebelumnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat