Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Supervisi Akademik

Rahmanto Rahmanto

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Instrument yang digunakan untuk mengamati guru dalam melaksanakan pembelajaran, keseluruhan hasil penelitian dianalisa menggunakan data kuantitatif, dan dikatagorikan menjadi sangat baik, baik, cukup kurang dan sangat kurang. Responden dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 1 Ambawara yang mendapatkan katagori, cukup, kurang dan sangat kurang hasil supervisi akademik pada semester ganjil tahun pelajaran 2019 / 2020, didapat sebanyak 6 guru matematika terdiri dari 3 laki laki dan 3 perempuan. Penelitian terdiri dari 3 siklus, dimana setiap siklusnya menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan/ observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus. dengan kata lain supervisi Akademik, dapat meningkatkan kompetensi guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat