Game Edukasi Matematika Diskrit

Alfi Maulani, Nanik Ida Rosini, Hendro Waryanto, Andri Sofyan Husein

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperkenalkan konsep matematika diskrit pada anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Serpong melalui game edukasi riddle enigma bertemakan matematika diskrit yang menyenangkan dan mendidik. Tekhnik yang dignakan adalah menggabungkan konsep matematika diskrit sederhana, himpunan, dan fraksional dengan riddle enigma. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya mengenalkan konsep matematika diskrit, tetapi juga meningkatkan minat belajar matematika dan memecah anggapan negatif tentang mata pelajaran ini. Hasil menunjukkan antusiasme yang baik dari peserta didik dan masyarakat sekitar. Game edukasi riddle enigma bertemakan matematika diskrit dapat efektif mengubah pandangan negatif menjadi pandangan positif terhadap matematika, serta memperkuat keterikatan antara Universitas Pamulang dengan masyarakat sekitar.

Kata Kunci: game edukasi, matematika diskrit, himpunan dan fraksional, riddle enigma

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v9i2.2100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat