Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Arum Sanggorani, Tri Yuni Hendrowati, Siti Rahayu

Abstract


Abstrak
Kemampuan berfikir reflektif matematis merupakan kemampuan berfikir untuk memperoleh pengetahuan baru yang diperoleh dari proses belajar dengan mengaitkan dengan pengetahuan lama sehingga didapatkan sebuah keseimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa berdasarkan gaya belajar auditori, kinestetik dan visual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas 8.6 SMP N 4 Pringsewu yang berjumlah 31 siswa dengan pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dari soal tes tertulis berbentuk uraian, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Berdasarka hasil analisis data diperoleh disimpulkan bahwa terdapat 9 siswa gaya belajar visual memiliki kemampuan berfikir reflektif sedang yaitu, hanya mampu melalui tahap reacting dan contemplanting, 15 siswa gaya auditori memiliki kemampuan berfikir reflektif tinggi yaitu, mampu melalui tahap reacting, comparing, dan contemplanting,7 siswa gaya kinestetik memiliki kemampuan berfikir reflektif rendah yaitu, tidak mampu melalui tahap reacting, comparing, dan contemplanting. Sehingga dalam hal ini, kemampuan berfikir relatif matematis siswa dengan gaya belajar audiotori memiliki kemampuan yang tinggi, siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan yang sedang, dan siswa gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan yang rendah.
Keywords: Kemampuan Berfikir Refektif Matematis, Gaya Belajar, SPLDV

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat