Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Contextual Teaching and Learning Pada Kurikulum Merdeka

Liana Liana, Nurmitasari Nurmitasari, Suminto Suminto

Abstract


Pada kurikulum merdeka, model pembelajaran yang direkomendasikan adalah yang memenuhi kebutuhan siswa, Model tersebut adalah pembelajaran berdiferensiasi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan rata-rata implementasi pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan dengan pembelajaran CTL dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3 dengan populasi sebanyak 264 siswa. Melalui teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 3 sebagai sebagai sampel. Teknik tes dan angket digunakan untuk mengumpulkan data, selanjutnya analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebagi teknik analisis data pada penelitian ini. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan efek antara siswa yang dikenai pembelajaran berdiferensiasi dan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) terdapat perbedaan efek antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat