Pengaruh Stres Akademik Dan Kecemasan Matematis Mahasiswa Baru Terhadap Prestasi Mata Kuliah Aljabar

Rizki Nurhana Friantini, Pancarita Pancarita, Rahmat Winata, Muhammad Rizaldi

Abstract


Penelitian kualitatif dengan teknik analisis data regresi linier ganda ini dilakukan agar mengetahui pengaruh dari aspek stres akademik dan kecemasan matematis mahasiswa baru, secara tunggal atau bersama-sama, terhadap prestasi pada mata kuliah Aljabar. Penelitian dilakukan terhadap 38 mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Matematika pada Universitas Palangka Raya, yang diambil secara sampling jenuh. Sebelum melakukan regresi linier ganda, dilakukan uji prasyarat antara lain: uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas, uji otokorelasi, serta uji multikolinearitas. Selanjutnya diperoleh hasil ada pengaruh dari stres akademik mahasiswa baru pada prestasi di mata kuliah Aljabar, terdapat pengaruh kecemasan matematis mahasiswa baru pada prestasi di mata kuliah Aljabar, dan terdapat pengaruh stres akademik dan kecemasan matematis mahasiswa baru secara bersama-sama terhadap prestasi pada mata kuliah Aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika UPR. Nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,607, sehingga diperoleh prestasi mahasiswa baru pada mata kuliah Aljabar dijelaskan oleh stres akademik dan kecemasan matematis sebanyak 60,7% sedangkan sisanya dijelaskan oleh factor yang lainnya.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat