Literasi Matematis Pada Project Based Learning ditinjau Dari Gender

Hesti Noviyana, Devi Sugianti

Abstract


Literasi matematis adalah tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah. Hasil PISA pada beberapa tahun terakhir menunjukan bahwa tingkat kompetensi literasi siswa di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Studi awal menunjukkan bahwa literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung rendah, yang didukung juga dengan sekolah ini dijadikan sasaran kampus mengajar. Kesenjangan yang ada diatasi melalui pembelajaran yang sesuai hakikat kuikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), untuk itu tujuan riset ini untuk mengetahui efektivitas Project Based Learning terhadap literasi matematis ditinjau dari gender. Populasi riset ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024. Sampel terpilih masing-masing berjumlah 30 siswa. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Desain eksperimennya yaitu posttest only control design. Pengujian hipotesis menggunakan uji anava. Hasil riset menunjukkan bahwa literasi matematis peseta didik yang diajar menggunakan Project Based learning lebih baik dibandingkan pada pembelajaran konvensional dan Literasi matematis peserta didik pria pada pembelajaran dengan Project Based learning lebih baik dibandingkan literasi matematis peserta didik wanita. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Project Based learning efektif terhadap literasi matematis peserta didik.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat