Konsep Matematika dalam Tari Andun

Chyntia Miznurida, Nyayu Masyita Ariani, Ristontowi Ristontowi, Rahmat Jumri, Winda Ramadianti

Abstract


Etnomatematika merupakan ide-ide, pemikiran dan praktik matematika yang dikembangkan dalam semua budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etnomatematika apa yang teridentifikasi dalam gerak dan posisi pada tari andun sebagai sumber pembelajaran matematika serta mengetahui aktivitas etnomatematika konsep geometri dan aljabar pada tari andun. Fokus penelitian ini ialah Konsep Matematika dalam Tari Andun. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh dua jenis tarian yaitu tari andun lelawanan dan tari andun kebanyakan, yang masing-masing, terdiri dari tiga gerakan inti yaitu gerak bukak, gerak naup dan gerak nyentang & nyengkeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari andun merupakan tari tradisioanal kerakyatan yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu yang dipertunjukkan di dalam acara bimbang adat. Pada tari andun terdapat konsep matematika yaitu geometri dan aljabar, temuan tersebut diharapkan dapat menjadi sumber belajar dalam proses pembelajaran matematika di SMP.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i2.2453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat