Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS melalui Model Pembelajaran IMPROVE

Hesti Noviyana, Aty Nurdiana, Atiqo Haya Zakia

Abstract


Kemampuan penalaran memudahkan peserta didik untuk menerima dan membuat kesimpulan dari sebuah informasi dengan valid dan kritis. Kemampuan ini membentuk pola pikir kreatif terhadap suatu masalah terutama yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Menalar terhadap suatu informasi yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kompetensi tuntutan abad 21. Riset bertujuan melihat kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS melalui model IMPROVE. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan posttest only control design. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, yang telah memenuhi uji prsyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan model IMPROVE mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis penelitian

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v10i2.2456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat