PENYEBAB SISWA UNDERACHIEVER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Intelegensi atau kemampuan siswa dalam berpikir dan bertindak salah satu unsur yang berperan penting bagi siswa dalam menguasai materi yang dipelajari. IQ tinggi biasanya cenderung mendapatkan hasil belajar yang tinggi pula, fakta di lapangan tidaklah selalu demikian, hasil temuan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan, 30% atau 12 siswa dari 40 siswa dengan katagori IQ tinggi (minimal 110) akan tetapi mendapatkan hasil belajar dibawah KKM. Siswa dengan kondisi tersebut dikenal dengan siswa Underachiever. Underachiever terjadi bukan karena kesalahan siswa secara mutlak. Oleh karena itu akan ditelusuri faktor-faktor yang menyebabkan siswa Underachiever. Data hasil belajar (Y) diperoleh melalui metode dokumentasi dan data terkait faktor penyebab rendahnya hasil belajar (X) diperoleh melalui angket. Selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut. Untuk menentukan keberartian dari koefisien korelasi di digunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa faktor keluarga, lingkungan tempat tinggal, kepribadian, dan pembebanan menjadi faktor penyebab siswa Underachiever kelas X SMAN 1 Gedong Tataan.
Kata Kunci: Underachiever, Pembelajaran, Matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52657/je.v3i2.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.