PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan menulis dan kendala yang dihadapi siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bogor dalam meningkatkan keterampilan menulis.dengan menggunakan model CIRC.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penilitian ini yaitu siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan tekik sampel cluster random sampling r. rata-rata  data prates kelas eksperimen 62  sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen meningkat menjadi 75,55 dengan taraf kemampuan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui rumus uji t diperoleh  data harga t0 = 3,15 dan db = 60 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,15>2,39. Hal tersebut menunjukan bahwa  model CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah drama terbukti kebenarannya  meskipun sebagian besar masih mengalami kendala, terutama pada proses penerapan model CIRC.
Kata kunci: keterampilan, menulis,kendala
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Fauzi D Harri. 2007. Menulis Drama Sebuah Tuntutan Praktis Menulis Drama Bagi Kepentingan Pentas. Bandung : Armico
Hasannudin. 1996. Drama Karya Sastra dalam Dua Dimensi. Bandung : Angkasa.
Istarani.2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Kosasih. 2012. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.
Laksono Kisyani dkk. 2007. Membaca 2. Jakarta Universitas Terbuka.
Luxembrug Jan Van, Mike Bal, Wiliem G Westerjein. 1992. Pengantar Ilmu Sastra. Cetakan 4. Jakarta : Gramedia.
Majid Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Moeliono, A. M. Kembara Bahasa: Kumpulan Karangan Tersebar. Jakarta : PT. Gramedia. 1989
Nugriantoro, Burhan. 2010. Penelitian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Perss.
Rahmanto, B. 2000. Metode Pengajaran Sastra. Jogjakarta: Kanisius.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2003. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.
Wiyanto,Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah. Jakarta:Grasindo.
Wiyanto, Asul, 2007. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v5i1.1200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.