NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Asep Muhyidin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan 2) mendeskripsikan terapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini disebut membaca. Data yang diamati dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam paragraf-paragraf novel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil temuan nilai pendidikan Islam dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Syirazy yaitu: 1) nilai aqidah; 2) nilai ibadah, dan 3) nilai moral. Novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah novel yang sangat religius. Novel ini mengisahkan tokoh utama Fahri yang berpegang teguh pada ajaran agama. Oleh karena itu, guru perlu mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy sebagai salah satu bentuk penguatan pendidikan karakter di sekolah. Guru diharuskan membuat skenario pembelajaran termasuk pendahuluan, inti dan akhir.

          Kata kunci: nilai-nilai pendidikan Islam, novel, pengajaran bahasa Indonesia.

 

Abstract

The purpose of this study  is: 1) to describe Islamic education values Ayat-ayat Cinta novel by Habiburrahman El Shirazy;  and 2) to describe  applied in learning Indonesian language in Madrasah Aliyah. The method used to collect data in this research is referred to reading. The data observed in this study are sentences in the paragraphs of the novel. Data analysis in this study uses content analysis. The result finding Islamic education value in Ayat-ayat Cinta novel by Habiburrahman El Shirazy that: 1) aqidah values; 2) worship values, and 3) morals values. Novel Ayat-ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy is a very religious novel. This novel tells the main character Fahri who sticking  to the teaching of  religion. Therefore, teachers need to integrate the values of Islamic education found in the novel Ayat-ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazy as a form of strengthening character education in schools. Teachers are required to make learning scenarios including introduction, core and end.

Keywords: Islamic education values, novel, Indonesia language instruction.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v5i2.1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats