PENTINGNYA PENDIDIKAN MORAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA SETELAH MASA PANDEMI COVID-19

Novia Sandra Dewi, Lisdwiana Kurniati, Dwi Fitriyani

Abstract


Abstrak
Pendidikan moral merupakan kesadaran yang dapat membantu peserta didik melalui pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang berkontribusi pada kepuasaan pribadi dan kehidupan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pendidikan moral dalam proses pembelajaran pada siswa setelah masa pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa atau peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan Reduction (reduksi data), Display (penyajian data), dan Conclusion drawing atau verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini bahwa pendidikan memberikan kontribusi besar pada negara, negara yang maju akan mendukung penuh pendidikan yang berjalan di dalamnya. Ada berbagai macam strategi yang digunakan untuk membuat pola pendidikan lebih baik, dan lebih maju di antaranya memperbaiki moral semua orang di dalamnya. Semakin baik moral dalam suatu sistem maka akan berdampak baik pula pada hasilnya. Penerapan pendidikan moral pada siswa di masa pandemi tidaklah mudah, apalagi dengan berbagai keterbatasan pengetahuan akan media online.
Kata Kunci: pendidikan moral, pembelajaran, pandemi Covid-19.

Abstract
Moral education is an awareness that can help students through knowledge, skills, attitudes, and values that contribute to personal satisfaction and social life. The purpose of this study was to determine the importance of moral education in the learning process for students after the covid-19 pandemic. This research is descriptive-analytic. Sources of data in this study are students or students. This research was conducted with Reduction (data reduction), Display (data presentation), and Conclusion drawing or verification (conclusion). The results of this study that education makes a major contribution to the country, developed countries will fully support the education that runs in it. There are various strategies used to make the pattern of education better, and more advanced among them improve the morale of everyone in it. The better the morale in a system, the better the results will be. The application of moral education to students during a pandemic is not easy, especially with the limited knowledge of online media.
Keywords: moral education, learning, Covid-19 pandemic

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v8i1.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats