MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI ARTISTIK MENGGUNAKAN STRATEGI KREATIF-PRODUKTIF BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Â
Guna mengatasi faktor permasalahan tersebut, maka peneliti mencoba mengujicobakan strategi kreatif-produktif melalui multimedia sebagai penawarnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perencanaan, mengujicobakan dan mengukur keefektifan strategi kreatif-produktif melalui multimedia bagi peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi artistik pada siswa kelas X MAN Ciparay Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasieksperimen dengan menggunakan desain kelas kontrol pretes dan postes. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa penerapan strategi kreatif-produktif dengan multimedia secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi artistik siswa.
Â
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Gunawan, Asrom. (1997). Dari Narasi Hingga Argumentasi. Jakarta: Erlangga.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEE.
Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sudjana, N. dan Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ubaidillah, Ahmad Zulfahmi. (2014). Keefektifan Strategi Kreatif Produktif melalui Multimedia bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Artistik Siswa. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v4i2.773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.