Kemampuan Mahasiswa Mengidentifikasi Kalimat Topik Dalam Bacaan Melalui Pengetahuan Konteks Dan Referensi Pragmatik
Abstract
This study aims to improve students’ ability in identifying topic sentence in a text through context ability and pragmatic reference. This study is classroom action research. The researcher used test as a research instrumenT. The research procedure was implemented in two cycles adopted from Kemmis model. Each cycle consist of plan, action, observation, and reflection. The result shows that context ability and pragmatic reference can enhance students ability in indentifying topic sentence in a text.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal, dkk. (2012). Teori dan Kajian Wacana bahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Izhar. (2016). Mengidentifikasi Cara Berpikir Deduktif dan Induktif dalam Teks Bacaan Melalui Pengetahuan Koteks dan Referensi Pragmatik. Jurnal Pesona Vol. 2, No. 1, 67-68.
Izhar. (2017). Metode Pembelajaran dalam Empat Keterampilan Berbahasa: Teori dan Penerapannya. Bandar Lampung: AURA
Mey, Jacob L. (2001). Pragmatics: An Introduction (2nded). Carlton: Blackwell
Rahardi. (2015). Menemukan Hakikat Konteks Pragmatik (Prosiding: Kajian Pragmatik dalam berbagai Bidang). Universitas Sebelas Maret Surakarta: Program Studi S3 Linguistik.
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarlam, dkk. (2003). Analisis Wacana: Teori dan Praktik. Surakarta: Pustaka
Cakra.
Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Cepat dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Yuwono, Untung. (2005). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami linguistik (penyunting: Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder).Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.52657/jp.v4i2.774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.