KESIAPAN UMKM MENGHADAPI DIGITALISASI

Arifin Arifin, Kohar Kohar

Abstract


Pengembangan UMKM dalam memasuki industri 4.0, tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Teknologi di gunakan tidak hanya dalam pemasaran tetapi juga dalam proses lainnya seperti produksi dan keuangan. Untuk itu, pelaku usaha perlu mempersiapkan diri dalam mengadopsi teknologi. Sehebat dan sebaik apapun teknologi jika sumber daya manusia yang akan menggunakan tidak siap maka tidak akan berhasil. Penelitian ini menggunakan Technology Readiness Index (TRI) untuk mengukur kesiapan UMKM dalam mengadopsi teknologi dengan empat pendekatan yaitu optimisme, inovasi, ketidaknyamanan dan keamanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM Kabupaten Pringsewu berada dalam tahap sedang atau medium di ukur dengan Technology Readiness Index. Pemilik UMKM memiliki optimisme dan mau melakukan inovasi bahwa teknologi dan digital dapat mengubah usaha mereka ke arah yang lebih baik dan tidak keberatan mencoba hal baru. Namun, mereka masih merasa kewalahan dalam proses belajar dan merasa kurang aman saat bertransaksi melalui digital.

Keywords


Teknologi, Digitalisasi, UMKM

Full Text:

PDF

References


A. Parasuraman, “Technology Readiness Index(Tri) : A Multiple-Item Scale To Measure Readiness To Embrace New Technologies,” J. Serv. Res., vol. 2, pp. 307–320, 2000

Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, Kaniz Fatema. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age

Achjari, D., Abdillah, W., Suryaningsum, S., & Suratman, S. (2011). Kesiapan usaha mikro, kecil dan menengah industri kreatif untuk mengadopsi teknologi informasi. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 15(2)

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552.

Indonesia Survey Center. (2020). Laporan Hasil Survey Internet 2019- 2020. Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII).

Kusnindar, A. A., & Juliono, A. Y. P. (2018). Pemanfaatan E-Commercepada Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Pengembangan Dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu, 3(2), 84-94.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Jakarta

Moni, S. M., Mahmud, R., High, K., & Carbajales‐Dale, M. (2020). Life Cycle Assessment Of Emerging Technologies: A review. Journal of Industrial Ecology, 24(1), 52-63.

Roziqin, M. C., & Darmawan, D. P. (2021). Analisis Kesiapan Dalam Penerapan SIMPUS dengan Metode TRI di Puskesmas Jenggawah Jember. Techno. Com, 20(1), 10-18.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.