HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MENJALANKAN HEMODIALISA PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK

Yusnita .

Abstract


Kepatuhan merupakan salah satu permasalahan  pada pasien Gagal Ginjal Kronis (GGK) yang menjalani hemodialisa. Ketidakpatuhan dalam terapi dapat menyebabkan penumpukan zat-zat berbahaya dari tubuh  hasil metabolisme dalam darah sehingga penderita akan merasa sakit seluruh tubuh dan jika hal tersebut dibiarkan maka akan menimbulkan kematian. Tujuan dalam penelitian ini adalah hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan pasien gagal ginjal kronik untuk menjalani hemodialisa. Penelitian ini menggunakan metode survey analytik dengan pendekatan cross sectional dan analisis uji chi square. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa sejumlah 30 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil analisis bivariat bahwa ada hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan pasien gagal ginjal kronik untuk menjalani hemodialisa diperoleh p value 0,004. Disarankan kepada keluarga agar selalu setia mendampingi dan memberikan dukungan kepada pasien dalam menjalani terapi sehingga pasien melakukan hemodialisa sesuai dengan jadwal.


Keywords


dukungan keluarga, kepatuhan

Full Text:

PDF

References


Chris, 2014. faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di Blu RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado diterbikan di majalah keperawatan, Manado

Degresi. 2012. Ilmu Perilaku Manusia. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta

Muttaqin, Arif. 2011. asuhan keperawatan gangguan sistem perkemihan. Penerbit Salemba Medika, Jakarta

Nita, Syamsiah. 2011. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pasien CKD Yang Menjalani Hemodialisa di RSPAU Dr Esnawan Antariska Halim Perdana Kusuma. Tesis diterbitkan di Majalah Keperawatan Program Pasca Sarjana, Jakarta

Persatuan Nefrologi Indonesia, 2013. Prevalensi Gagal Ginjal Kronik di Indonesia. Penerbit PERNEFRI 2013 (Hal 21-32), Jakarta.

Pane, 2015. hubungan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan tingkat depresi pasien gagal ginjal kronik di Klinik Rasyida Medan diterbitka di majalah keperawatan STIKes Santa Elisabeth, Medan.

Smet, Bart. 2007. Psikologi Kesehatan. PT. Grasindo, Jakarta

Sukandar. 2008. Gagal Ginjal dan Panduan Therapi Dialisis. FK UNPAD, Bandung.

Sylvia, Anderson..2007 Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. EGC ,Jakarta

World Health Organization (WHO), 2014, Prevalence Chronic Kidney Disease, Departement of Noncommunicable disease surveillance.

Wijayakusuma, H,. 2008. Bebas Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih. Penerbit Pustaka Bunda. Jaka




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v7i2.1082

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats