HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DENGAN BERAT BADAN BALITA DI PAUD MIFTAHUL JANNAH PEKON DADISARI 1 KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2015

Cynhtia Puspariny, Diah Purwo Muji Rahayu

Abstract


Berat Badan Lahir adalah berat badan bayi yang ditimbang dalam waktu satu jam pertama setelah lahir. Semakin rendah berat badan lahir, maka adakemungkinanadanya pengaruh terhadap berat badan balita menjadi tidak ideal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan berat badan lahir dengan berat badan balita. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, besar sampel yaitu 33 balita. Hasil penelitian didapatkan hasil perhitungan analisis chi squareterhadaphubungan berat badan lahir dengan berat badan balita diperoleh p-value 0,077> α (0,05) sehingga hogagal ditolak dan hagagal diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidakada hubungan berat badan lahir dengan berat badan balita di PAUD Miftahul Jannah Pekon Dadisari 1 Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus.


Keywords


Berat Badan Lahir, Berat Badan Balita

Full Text:

PDF

References


Andriani, E (2012). Hubungan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Dengan Perdarahan Postpartum Pada Ibu Postpartum. (10 Mei 2015), from http://curahanhatiy00.wordpress.com/2015/02/16/hubungan-insiasi-menyusui-dini-imd-dengan-perdarahan-post-partum-pada-ibu-post-partum/

Damanik, Sylviati M, 2008. Klasifikasi Bayi Menurut Berat Lahir dan Masa Gestasi. In: Sholeh Kosim, dkk. Buku Ajar Neonatologi. Jakarta: Badan Penerbit IDAI, 11-30.

Departemen Kesehatan R.I. (2005). Rencana Strategi Departemen Kesehatan. Jakarta: Depkes RI

Notoatmodjo,S.,2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rieneka Cipta.

Riskesdas, 2013. Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Sirajuddin., dkk. 2011. Pengaruh Paparan Asap Rokok Terhadap Kejadian Berat Badan Lahir di Sulauesi Selatan. Vol,

XI, Edisi 1. Media Gizi dan Pangan Suparyanto. Berat Bayi Lahir .[online] http://www.rshappyland.com/index.php/arti kelkesehatan/483-faktor-faktor-yangmempengaruhi-berat-bayi-lahir. 2012.

Widyastuti, Y. 2009.Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta:Fitramaya




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v4i8.1091

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats