HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI PUSKESMAS RAWAT INAP SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU
Abstract
Mutu layanan kesehatan adalah kinerja yang menunjukan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Metode Penelitin yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan desainstudi cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 1.617 kunjungan pasien dengan sampel 320. Analissi bivariat dalam penelitian ini menggunakan uji chi square.Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 182 responden (56,9%) menyatakan puas akan pelayanan. Ada hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanan dimensi responsivenes (daya tanggap) (p value = 0,00 OR= 7,7), reability (keandalan) (p value=0,00 OR-=6), assurance (jaminan) (p value=0,00 OR= 4), empathy (p value=0,00 OR= 11,6), tangible (tampilan fisik) (p value=0,00 OR= 2,8) dengan kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aat Tauhida (2013) Pengaruh kualitas layanan
terhadap tingkat kepuasan serta implikasinya terhadap loyalitas pasien rekanan pada klinik “AN†bandung Darmadi,dkk. (2014).Himpunan Peraturan
BPJS Kesehatan. Jakarta:Antara. Umar, Husein. 2003. Metode Reset Akuntansi Terapan. Ghalia , Jakarta.
HalimahJahid,Balqis,AsiahHamzah(2013) Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta jamkesmas pada ruang rawat inap di rumah sakit elimrantepao kabupaten toraja utara. Universitas Hasanudin Makasarhttp://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/5917
Isrofi (2013) Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan pencabutan gigi oleh Dokter gigi Muda di Rumah Sakit gigi Dan Mulut Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia., 2014.
Peraturan menterikesehatan republikindonesia nomor 28 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia., 2014
Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan
Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia., 2013.
BPJS Kesehatan Buku Sakut FAQ (Frequently Asked Question)
Karyati, Sri Berdi (2006), Analisispengaruhpersepsi pasien tentang mutu pelayanan terspesialis bstetri dan ginekologi dengan minat kunjungan ulang pasien diinstalasi rawatj alan RSI Sultan Agung Semarang
Karima (2013), Kualitas pelayanan JKBM terhadap tingkat kepuasan pasien gigi dan mulut di Puskesmas Kota Denpasar ada hubungan antara Reability dengan kepuasan pasien (p value <0,05)
A.A.2014.ManajemenMutuPelayananKesehatan. EGC:Jakarta
Puskesmas Sukoharjo. Profil Kesehatan 2013
Puskesmas Sukoharjo. Profil Kesehatan 2014
Pohan, Imbalo S., 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. EGC,
Jakarta.
Presiden RI, 2011. UU Republik Indonesia. 2011. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Rachmadani Hamid, Darmawansyah, Balqis (2013) hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas batua kota makassar tahun 2013
saragih (2009) hubungan kualitas pelayanan dan Jaminan Sosial) Di Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo Kabupaten Pringsewu kepuasan pasien dengan kunjungan di balai pengobatan gigi puskesmas kota
Sunyoto, Danang., 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen Teori, Kuesioner, Alat dan Analisis Data.Centre Publishing Service. Yogyakarta.
Sangaji.Etta Mamang & Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Himpunan Jurnal Penelitian.
Andi Yogyakarta Supranto., 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan
Pelangan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v4i8.1117
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.