Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Rahayu Lestari, Rahma Faelasofi, Suminto Suminto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan modul Numerasi selama pembelajaran jarak jauh ditinjau dari hasil belajar, aktivitas, respon, dan pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan di kelas IV SDI Ma'arif 02 Terbanggi Besar adalah belum adanya bahan ajar yang disesuaikan untuk pembelajaran jarak jauh sehingga proses pembelajaran matematika (berhitung) terhambat. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one shot case study dimana terdapat satu kelas yang diberikan perlakuan kemudian dilakukan pengukuran untuk mengetahui hasilnya. Hasil penelitian adalah: (1) Ada 87,5% dari total siswa yang mencapai hasil belajar KKM; (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 87,5%; (3) Persentase tanggapan siswa sebesar 93,38% siswa memberikan tanggapan positif; (4) Hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,65. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul berhitung pada pembelajaran jarak jauh efektif diterapkan di kelas IV SDI Ma'arif 02 Terbanggi Besar pada teori luas persegi panjang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat