Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS): Dampak Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Riski Meilindawati, Netriwati Netriwati, Siska Andriani

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Mulya. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil analisis data menunjukkan menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaan Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh model pembelajaan Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap motivasi belajar peserta didik, (3) terdapat pengaruh model pembelajaan Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat