Efektivitas Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19

Tri Yuni Hendrowati

Abstract


Pandemi covid-19 menuntut adaptasi terhadap pembelajaran daring yang diduga berdampak pada kemandirian belajar. Kemandirian belajar merupakan suatu bentuk belajar yang terpusat pada diri sendiri sehingga memiliki inisiatif, tanggungjawab, percaya diri, dan disiplin diduga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi yang ada. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik regresi sederhana. Temuan penelitian ini kemandirian belajar merupakan suatu bentuk belajar yang terpusat pada diri sendiri sehingga memiliki inisiatif, tanggungjawab, percaya diri, dan disiplin sebagai indikatornya dapat mempengaruhi keberhasilan belajar, Kemandirian belajar efektif terhadap hasil belajar matematika siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View MyStat View MyStat